Kisah Awal Mula Toyota Celica, Mobil Sport Pertama Buatan Jepang

Sebelum tahun 1970, Toyota telah memiliki dua model mobil sport yaitu Toyota 800 dan Toyota 2000GT. Sayangnya, Toyota 800 terlalu kecil untuk pasar di luar Jepang dan Toyota 2000GT terlalu mahal karena diproduksi secara handmade. Untuk meningkatkan citra Toyota di Amerika Serikat serta menjawab tantangan dari Ford Mustang, Toyota akhirnya menciptakan mobil sport mereka sendiri yang diberi nama Celica.

    Celica generasi pertama ini pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 1970 dengan kode desain A20 series. Pada awalnya, Celica hanya tersedia dalam varian notchback coupe 2 pintu dengan pintu tanpa bingkai. Pada tahun 1973, Toyota kemudian membuat varian liftback yang terinspirasi dari konsep mobil Toyota SV-1 yang diperkenalkan pada tahun 1971. Bentuk liftback Celica ini mengingatkan pada Ford Mustang generasi pertama, sehingga Celica pun mendapat julukan “Japanese Mustang”.

    Celica model awal dengan seri mesin T ini memiliki kode TA22 dan banyak beredar di Indonesia. Model faceliftnya muncul sekitar tahun 1974 dengan wheelbase yang bertambah sekitar 3 inci, namun belum jelas apakah versi ini pernah masuk ke Indonesia.

    Exit mobile version