Mengapa Nama Andika Perkasa Kian Meroket di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah?

Nama mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa, semakin mencuat dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Elektabilitas Andika Perkasa dinilai mampu bersaing dengan para kandidat lainnya di Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto menyatakan bahwa PDIP mendorong kader internalnya di beberapa daerah, termasuk Jawa Tengah. Ia menegaskan bahwa PDIP mempercayai proses kaderisasi partai dan akan mendukung kader-kader internal yang dinilai mampu.

“Ya PDIP Jateng, Bali, yang daerah-daerah basis, partai akan mendorong kader internal partai,” ujar Hasto.

Meskipun belum bergerak di akar rumput, Hasto mengakui bahwa elektabilitas Andika Perkasa sudah masuk dalam lima besar di Jawa Tengah. Hal ini tentu menarik perhatian PDIP sebagai partai pengusung.

“Loh, Pak Andika belum bergerak elektoralnya udah masuk ke 5 besar,” kata Hasto.

Namun, Hasto menegaskan bahwa keputusan akhir untuk mencalonkan Andika Perkasa di Pilgub Jawa Tengah berada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ia juga menyebut bahwa nama Andika Perkasa juga kuat di Jakarta.

Sejalan dengan pernyataan Hasto, Ketua Bappilu PDIP, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, mengungkapkan bahwa saat ini ada tiga nama bakal calon gubernur Jawa Tengah yang sedang dipertimbangkan oleh DPP PDIP, yaitu Ketua LKPP Hendrar Prihadi (Hendi), eks Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi, dan Andika Perkasa.

Pacul menyatakan bahwa ketiga nama tersebut masih terus digodok, dan usulan mengenai Andika Perkasa terus menguat sebelum nantinya diputuskan langsung oleh Ketum Megawati Soekarnoputri.

Exit mobile version