banner 728x250

Harley-Davidson WLA: Memori Masa Lalu Ketika Motor Amerika Menjadi Kendaraan Militer

banner 120x600
banner 468x60

Harley-Davidson adalah salah satu merek motor legendaris asal Amerika Serikat yang telah mencatat banyak sejarah. Salah satu model ikoniknya adalah Harley-Davidson WLA, yang terkenal sebagai motor perang di era Perang Dunia II.

    Model WLA pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940, dibangun berdasarkan model WL yang populer saat itu. Harley-Davidson memproduksi lebih dari 90.000 unit WLA untuk memenuhi panggilan pemerintah AS selama PD II, karena saat itu produksi motor militer masih terbatas.

    banner 325x300

    Sebelum WLA, Harley-Davidson sudah terlibat dalam perang sejak Perang Dunia I. Pada tahun 1917-1918, sepertiga dari total produksi motor Harley-Davidson digunakan oleh militer AS. Harley-Davidson juga menciptakan motor pertama yang dilengkapi senapan mesin untuk tentara AS, yang digunakan untuk melawan revolusioner Pancho Villa di perbatasan AS-Meksiko.

    Keunggulan WLA terletak pada desain dan fiturnya yang dirancang untuk kebutuhan militer. Motor ini dilengkapi dengan bak bensin berkapasitas besar, suspensi tangguh, serta fitur-fitur lain yang membuatnya andal di medan perang. Meski dirancang untuk kebutuhan perang, WLA justru menjadi idaman banyak pecinta Harley-Davidson hingga saat ini.

    banner 325x300