Pokémon TCG Pocket, game terbaru dari adaptasi Pokémon Trading Card Game (TCG) untuk perangkat mobile, mencetak rekor fantastis dengan pendapatan mencapai $12,1 juta hanya dalam empat hari setelah dirilis pada 30 Oktober 2024. Data dari AppMagic, perusahaan analitik aplikasi, menunjukkan bahwa game ini telah diunduh lebih dari 12 juta kali secara global. Rata-rata, game ini menghasilkan sekitar $3 juta setiap harinya—menunjukkan permintaan yang kuat untuk game Pokémon TCG dalam bentuk mobile.
Pasar Jepang menjadi penggerak utama keberhasilan Pokémon TCG Pocket, berkontribusi sebesar 45% terhadap total pendapatan game ini. Amerika Serikat menyusul di posisi kedua dengan kontribusi sebesar 25% terhadap pendapatan keseluruhan. Di luar Jepang dan Amerika Serikat, game ini juga mendapatkan pendapatan signifikan dari beberapa negara Asia seperti Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan, serta sejumlah negara di wilayah Pasifik dan Eropa, termasuk Selandia Baru dan Prancis. Menariknya, Pokémon TCG Pocket berhasil melampaui pendapatan harian Pokémon Go, yang selama ini menjadi salah satu game Pokémon paling populer dan meraup sekitar $1 juta per hari. Ini adalah prestasi besar bagi Pokémon TCG Pocket yang menunjukkan bahwa potensi adaptasi permainan kartu Pokémon ke platform mobile sangat besar.
Sistem permainan Pokémon TCG Pocket mengadopsi model yang mendorong pemain untuk terus berpartisipasi melalui fitur “Pack Stamina.” Fitur ini memungkinkan pemain untuk membuka hingga dua paket kartu secara gratis setiap harinya dengan membangun stamina dalam game. Untuk menambah paket, pemain memiliki opsi melakukan pembelian tambahan melalui microtransactions, yang juga memungkinkan mereka mempercepat pengumpulan kartu dan mengkustomisasi koleksi digital mereka, termasuk playmat, folder kartu, dan koin virtual yang dapat dipersonalisasi. Kombinasi fitur ini tampaknya menjadi faktor utama yang menarik minat besar pemain sejak game ini pertama kali dirilis.
Data AppMagic lebih lanjut mengungkap perbedaan yang mencolok dalam perilaku pengeluaran pemain di berbagai kawasan. Rata-rata pendapatan per unduhan (Revenue per Download atau RpD) global berada di angka $1,61. Namun, perbedaan besar terjadi antara negara-negara di pasar Barat dan Timur. Di pasar Tier 1 Barat seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, RpD tercatat berada di angka $1,24. Sementara itu, di negara-negara Tier 1 Timur seperti Jepang, Hong Kong, dan Taiwan, angka RpD jauh lebih tinggi, mencapai $11,93 per unduhan. Angka ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para pemain di wilayah Asia Timur, yang memang terkenal dengan komunitas penggemar Pokémon yang sangat kuat.
Dari sisi platform, perangkat iOS mendominasi kontribusi pendapatan dengan menyumbang sekitar $10,5 juta dari total $12,1 juta. Sementara itu, platform Google Play hanya menyumbang $1,6 juta dari total pendapatan. Namun, dalam hal jumlah unduhan, Google Play unggul dengan mencatat 4,2 juta instalasi dibandingkan dengan iOS yang mencatat 3,3 juta unduhan.
Dengan angka pendapatan dan unduhan yang sangat besar dalam waktu singkat ini, Pokémon TCG Pocket memulai debutnya dengan kuat. Walaupun keberlanjutan performa jangka panjang game ini masih harus dilihat, pencapaian dalam empat hari pertama ini menunjukkan bahwa Pokémon TCG Pocket berhasil menarik perhatian audiens global yang besar dan menciptakan basis pemain yang aktif dan antusias.